Sabtu, 29 Juli 2017

Fiona Reka Mustika_IIP4_#NHW9

_Matrikulasi IIP batch #4_
_Nice HomeWork #9_

*BUNDA sebagai AGEN PERUBAHAN*

***PETUNJUK PENGERJAAN***

Bunda, kalau sudah menemukan passion (ketertarikan minat ) ada di ranah mana, mulailah lihat isu sosial di sekitar anda, maka belajar untuk membuat solusi terbaik di keluarga dan masyarakat.

Rumus yang kita pakai :

*PASSION + EMPHATY = SOCIAL VENTURE*

Social venture adalah suatu usaha yang didirikan oleh seorang social enterpreneur baik secara individu maupun organisasi yang bertujuan untuk memberikan solusi sistemik untuk mencapai tujuan sosial yang berkelanjutan.

Sedangkan social enterpreneur adalah orang yg menyelesaikan isu sosial di sekitarnya menggunakan kemampuan enterpreneur.

Sehingga bunda bisa membuat perubahan di masyarakat diawali dari rasa emphaty, membuat sebuah usaha yang berkelanjutan diawali dengan menemukan passion dan menjadi orang yang merdeka menentukan nasib hidupnya sendiri.

Hal ini akan membuat kita bisa menyelesaikan permasalahan sosial di sekitar kita dengan kemampuan enterpreneur yang kita miliki. Sehingga untuk melakukan perubahan tidak perlu menunggu dana dari luar, tapi cukup tekad kuat dari dalam.

Mulailah dari yg sederhana,  lihat diri kita, apa permasalahan yg kita hadapi selama ini, apabila kita bisa menyelesaikan permasalahan kita, dan membagikan sebuah solusi, bisa jadi ini menjawab permasalahan yg dihadapi oleh orang lain. Karena mungkin banyak di luar sana yg memiliki permasalahan yg sama dengan kita.

Setelah selesai dengan permasalahan kita sendiri, baru keluar melihat isu sosial yg ada di sekitar kita.

Bagaimana caranya? Isilah bagan-bagan di bawah ini:

Selamat menjadi agen perubahan

Karena

_Everyone is a Changemaker_

( Setiap orang adalah agen perubahan)

Sampai jumpa di perkuliahan Ibu Profesional selanjutnya untuk bisa lebih memahami secara detil matrikulasi IIP ini.

Salam,

/Tim Fasilitator IIP/

***



Bismillahirohmanirohim...

Assalamualaikum wr.wb.

Akhirnya sampai di penghujung NHW 9, materi Bunda sebagai Agen Perubahan
InsyaAllah niat dan misi saya dalam membuat perubahan di lingkungan sekitar semakin mengarahkan ke hal yang telah saya rencakanan.

Di lingkungan tempat tinggal saya, ada kesenjangan yang kontras sekali antara pekerja lapangan dengan penghuni perumahan. Terutama saat melihat laporan keuangan dalam penggajian tenaga keamanan/satpam, tenaga kebersihan/sampah, dan petugas penjaga masjid yang nominalnya hanya ratusan ribu jauh dari UMR, utk menghidupi keluarga.
Untuk itu ada beberapa anak seumuran afnin yang tidak bersekolah, dan dalam kesehariannya hanya dipertontonkan tontonan televisi yang kurang ada unsur edukasi.

Dari pengalaman beberapa tahun selama proses mendidik afnin, saya merasakan getaran besar yang membahagiakan hati, dimana saya senang mendidik anak-anak, saya senang menjadi agen perubahan, dimana anak adalah cikal bakal penerus peradaban, yang akan menjadi penentu peradaban. Saya ingin mendidik anak-anak yg kurang beruntung ini seperti mendidik anak-anak saya sendiri. Dengan bekal peralatan HS yang afnin pergunakan, saya yakin akan memberikan manfaat besar berbagi dgn anak-anak lain yg kurang beruntung ini. Hak mereka utk mendapatkan pendidikan dan pengasuhan yang layak ingin saya perjuangkan bersama-sama dgn kelg kecil kami.

InsyaAllah Misi saya Membuka Rumah Belajar Afnin akan segera saya realisasikan setelah renovasi rumah kami selesai 😇😇
Mohon doa dan dukungannya ya 🙏🙏🙏

Wassalamualaikum wr.wb

Fiona Reka M.A.

2 komentar:

  1. Waaah idenya seru. Aku juga mau ikut

    BalasHapus
  2. Mbak Helena kemooon, yuk bareng2 kita membuat perubahan... Jd makin semangat ^_^

    BalasHapus