Jumat, 09 Juni 2017

Fiona Reka Mustika_IIP4_NHW#4

NHW#4 📚NICE HOME WORK #4

🍀MENDIDIK DENGAN KEKUATAN FIITRAH 🍀


Bismillahirohmanirohim,

a. Mari kita lihat kembali Nice Homework #1 , apakah sampai hari ini anda tetap memilih jurusan ilmu tersebut di Universitas Kehidupan ini? Atau setelah merenung beberapa minggu ini, anda ingin mengubah jurusan ilmu yang akan dikuasai?

👩 Sampai saat ini, fokus utama saya masih tetap kepada 2 hal :
1. Komunikasi dgn pasangan dan 2. Sabar dan Ikhlas menjalani Peran Ibu.

b.  Mari kita lihat Nice Homework #2,  sudahkah kita belajar konsisten untuk mengisi checklist harian kita? Checklist ini sebagai sarana kita untuk senantiasa terpicu “memantaskan diri” setiapsaat. Latih dengan keras diri anda, agar lingkungan sekitar menjadi lunak terhadap diri kita.

👩 InsyaAllah yang saya buat dalam Checklist Indicator NHW#2 konsisten saya jalankan.. 
Dan terukur dengan prioritas kebutuhan improvement sebagai individu, istri dan ibu.



b.Baca dan renungkan kembali  Nice Homework #3, apakah sudah terbayang apa kira-kira maksud Allah menciptakan kita di muka bumi ini? Kalau sudah, maka tetapkan bidang yang  akan kita kuasai, sehingga peran hidup anda akan makin terlihat.

Bismillahirohmanirohim...

Setelah saya merenungkan hal ini, insyaAllah saya telah mendapat inside bahwa peran Allah menciptakan saya dimuka bumi ini adalah untuk membagikan ilmu dan kemampuan yang saya miliki dengan saudara-saudara yang kurang beruntung, tanpa memandang perbedaan suku, agama, ras maupun golongan.
Dilandasi dengan hati nurani keluarga kami yang enjoy dalam berbagi, untuk keluarga kami yang baru dalam kategori 'cukup materi" belum berlebih ini merasakan kenikmatan tersendiri ketika kami dapat turun berbagi dengan masyarakat yg kurang beruntung.




InsyaAllah kami akan konsisten melakukan aktivitas berbagi yang selama ini telah terlaksana dan menguatkan komitmen kami untuk membuat 'Taman Bermain Afnin' yang digagas dari keluarga kecil kami untuk meningkatkan peran para Ibu di sekitar lingkungan kami dalam mendidik anak-anak mereka dengan basis Home Education dan terus menebar manfaat melalui sosial media.


Misi Hidup : berbagi ilmu dan pengalaman kepada lingkungan sekitar
Bidang : Pendidikan Ibu dan Anak berbasis Rumah (Home Education)
Peran : Pendidik

c. Setelah menemukan 3 hal tersebut,  susunlah ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut.

1. Bunda Sayang : Ilmu-ilmu seputar pengasuhan anak
2. Bunda Cekatan : Ilmu-ilmu seputar manajemen pengelolaan diri dan rumah tangga
3. Bunda Produktif : Ilmu-ilmu seputar minat dan bakat, kemandirian finansial dll.
4. Bunda Shaleha : Ilmu tentang berbagi manfaat kepada banyak orang

d. Tetapkan Milestone untuk memandu setiap perjalanan anda menjalankan Misi Hidup



e. Koreksi kembali checklist anda di NHW#2, apakah sudah anda masukkan waktu-waktu untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut di atas. Kalau belum segera ubah dan cantumkan.

👩 InsyaAllah misi tersebut sudah saya laksanakan mulai beberapa tahun lalu sejak memiliki putri pertama dan terus dilakukan improvement hingga sampai saat ini. 


f. Lakukan, lakukan, lakukan, lakukan

👩 InsyaAllah CONTINOUS IMPROVEMENT ini akan terus saya lakukan dan mengevaluasi yang sudah dilakukan,

Karena perjalanan ribuan mil selalu dimulai oleh langkah pertama, segera tetapkan KM 0 anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar