Minggu, 21 Mei 2017

KL... afnin datang 😍

Maret 2017

Penjelajahan Kuala Lumpur ini untuk pertama kalinya bagi kami ber 3.
Sebetulnya 2tahun yg lalu afnin sudah menginjakkan kaki ke Malaysia, ketika family trip ke Singapore dan Malaysia.. namun bukan ke KL tapi ke Johor Bahru, bermain ke HK Town, Lego Land..



Perjalanan dari rumah kami menggunakan gocar, menuju terminal rawamangun, dan dilanjutkan menggunakan bus Damri @Rp 40.000/org. Yang dihitung jumlah tempat duduk yg digunakan. Karena kami ber3 hanya menggunakan 2 tempat duduk, maka kami hanya membayar Rp 80.000 utk 2 tempat duduk.

Perjalanan ditempuh kurang lebih 2 jam, dengan perbedaan waktu Malaysia lebih cepat 1 jam dari Indonesia.


Menggunakan budget airlines Air Asia berangkat dari Terminal 2F Bandara Soekarno Hatta, dan kami tiba di KLIA 2 (Kuala Lumpur International Airport 2, di sepang).

Untuk diketahui ruter perjalanan di bandara KLIA2 ini sangat jauh, agar diantisipasi membawa kereta dorong/stroller utk para bayi, dan mempertimbangkan jam tidur anak. Tapi selebihnha KLIA2 ini nyaman sekali, didlmnya banyak ban berjalan, toilet bersih, ada mushola dan banyak air minum keran yang aman utk langsung dikonsumsi.

Alhamdulillah dlm perjalanan triplet travel bersama Afnin, saya selalu mengkomunikasikan pd mereka, bahwa perjalanan ini tidak ada acara gendong-menggendong, semua berjalan sendiri, krn Mama akan membawa koper yg kami bawa ke bagasi dan satu tangan mama akan menggandeng mereka berdua. Jadi semua kooperatif dan dpt saling melindungi satu sama lain 👭👩.

Kurang lebih 30 menit perjalanan dari belalai pesawat turun dan naik, hingga ke area imigrasi kedatangan. Apabila ada rencana berpergian dgn rute pindah pesawat, sebaiknya spare waktu setidaknya 3 jam sebelum jadwal keberangkatan, krn rute bandara yang jauh dan naik turun akan membutuhkan waktu yg cukup lama.

Petronas welcomes you home 😍 Afnin Suka sekali foto di maps ini.

Ketika mendarat di KL tentu hp akan ada tawaran utk mengaktifkan roaming akses, saran saya jangan terburu-buru mengaktifkan paket roaming dari telekomunikasi lokal indonesia. Krn paket yg ditawarkan Tsel, XL, Indosat sgt mahal dan masih ada jasa charge roaming diluarnya. Jangan langsung panik krn tdk ada sinyal hp 😁 keep calm krn diseluruh bandara KLIA2 ini dilengkapi dengan wifi. Saran saya matikan roaming di hp anda, lalu aktifkan wlan wifi dan search: airport.wifi (ini adalah username airport KLIA2) lalu otomatis anda akan masuk mengisi biodata nama, asal negara, lama berkunjung dll. Setelah itu wifi akan langsung dpt terkoneksi selama 24jam 😍 asikkk kan.


Jika akan menginap di Malaysia lebih dari 1 hari saran saya, anda dpt membeli lokal sim card yang sdh terisi dengan paket data utk rentang waktu tertentu. Setiba di bandara ada gerai-gerai yg menawarkan simcard lokal dgn harga terjangkau 25RM dsb.. Tapi saya memilih utk membeli di gerai sevel (seven eleven), sim card ini hanya 8.5RM sudah ternasuk paket data sebesar dan berlaku utk 10 hari dan ada masa tenggang 3 bln. 


Tentunya paket simcard lokal Malaysia ini jauuuh lbh murah drpd kita mengaktifkan kartu indonesia kita 😉👍. Berikut adalah informasi paket yang didapatkan:



Ada beberapa alternatif moda transportasi dari Bandara Kuala Lumpur (KLIA/KLIA2) menuju ke destinasi kota KL.
1. Alternative pertama adalah menggunakan Taxi, simple namun cukup mahal utk ongkos taxi di KL ini.


Beginilah penampakan taxi di Kuala Lumpur. FYI Taxi berwarna biru ini taxi dengan tarif yang lebih mahal, dgn mobil yg lebih baru. Dan untuk taxi hijau dan merah lainnya memiliki tarif yg lebih murah.
Selain taxi, jika anda mempunyai akun uber juga bisa digunakan di KL, tarifnya hampir sama dgn taxi lokal.

2. Alternative ke 2: Menggunakan Kereta Api (KLIA Express) yang ads di dalam bandara KLIA2.


Ini dia penampakan KLIA Express, dpt dinaiki langsung baik dari bandara KLIA dan KLIA2 tanpa perlu pindah ke bandara KLIA. FYI biaya utk menaiki KLIA Express ini cukup mahal 55RM/orang, dengan jarak tempuh waktu 35 menit sampai KL Sentral. Jika Anda membutuhkan kecepatan utk sampai ke pusat kota, alternative ini cocok utk dipilih.


Dan berikut ini adalah rute/map KLIA Express yang terintegrasi dengan beberapa moda transportasi lainnya.


3. Alternative ke 3 adalah Menggunakan Bis Kota. Biayanya cukup murah 11RM/org dewasa dan 8RM/anak dengan jarak tempuh waktu 1jam 15menit. 


Untuk tiketnya dapat dibeli di gateway KLIA2, dimana ada loket penjualan tiket bus, kita hanya perlu menyebutkan terminal tujuan kita dan mesin akan secara otomatis menginformasikan biaya nya.



Inilah penampakan Star Shuttle Bus yang membawa kami dari KLIA2 menuju Puduraya, terminal terdekat dari hotel kami Sandpiper Hotel di Jl. Pudu


Dan ini penampakan dalam bis star shuttle, lebih nyaman dari bis damri 😉.

Selamat memilih alternative transportasi yang cocok dengan kebutujan dan kantong ya 👍




Tidak ada komentar:

Posting Komentar